Just another WordPress.com site

TUGAS HUKUM PERDATA INTERNASIONAL

 

Contoh – contoh kasus HUKUM PERDATA INTERNASIONAL

  • Hukum Perseorangan [ Personen Recht ]

Seorang laki – laki yang berkewarganegaraan Amerika, sudah menetap di Indonesia selama ± 6 tahun. Ia memiliki pekerjaan yang disenangi dan enggan ditinggalkan, selain itu dia juga nyaman dengan pergaulan sekitar. Karena hal ini ia memutuskan untuk menjadi WNI, agar dapat mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai WNI.

  • Hukum Keluarga

Sonia Herlambang berkewarganegaraan Indonesia menikah dengan Alex Motolla yang berkewarganegaraan Prancis. Maka nama Sonia Herlambang berubah menjadi Sonia Motolla. Setelah 3 tahun mereka berdua bercerai sehingga Sonia harus mengganti namanya kembali seperti nama semula sebelum ia menikah agar tidak terjadi masalah menyangkut nama belakangnya yang didapat dari keluarga mantan suaminya Motolla.

  • Hukum Kekayaan

Seorang designer merk ternama GUESS yang bernama Marciano di Los Angeles merasa dirugikan karena desain tas, dompet, dan merknya digunakan oleh sekelompok pengrajin tas industri kecil di Jakarta. Karena hal inilah pihak GUESS menggugat para pengrajin atas tindakan yang merugikan  ini agar menghentikan berjalannya produksi tas tiruan tersebut.


 

Contoh  HPI  Titik Taut Primer Dan Sekunder:

Perkawinan Yuni Shara Dan Siahaan Di Australia

Perkawinan yang dilakukan oleh yunishara seorang warganegara Indonesia dengan siahaan warganegara australia yang melangsungkan pernikahan di Australia karena tidak mendapat restu dari kedua orang tua yuni shara. Setelah dilangsungkan perkawinan tersebut yunishara dan siahaan memiliki dua orang putra yakni dido dan lexi. Dan tepat pada usia pernikahan ke-20 tahun mereka merasa tidak cocok karena yuni masih bertempat tinggal dan berdomisili di Indonesia. Maka sang suami mengajukan gugatan perceraian terhadap pengadilan tinggi diIndonesia. Dan meminta agar anak dari mereka berdua di asuh oleh siahaan. Namun sebelum adanya gugatan yang masuk ke pengadilan Jakarta. Siahaan telah meninggal dunia dan meninggalkan testament bahwa harta kekayaan yang dimiliki oleh siahaan diberikan kepada lexi dan Stefan anak angkat siahaan di Australia. Testament tersebut dibuat oleh siahaan pada saat perjalanan bisnisnya ke eropa tepat nya di jerman.

 

Titik Taut Primer

Dalam kasus ini dapat kita lihat bahwa telah dilakukan suatu perbuatan hukum yakni adanya perkawinan dan pembuata testamen di Australia dengan pernikahan perbedaan warganegara yang menikah, dan pembuatan testament di jerman oleh siahaan.

 

Titik taut sekunder

Berdasarkan hukum nasional kita maka secara materiil perkawinan harus dilakukan sesuai dengan KUHPdt dan UU perkawinan No.1 tahun 1974. Karna dilakukan di Australia maka secara materiil maupun formil harus diselesaikan dengan hukum Australia karna dilakukan oleh hukum Australia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s